Semburan Siring Barat Membesar

RADAR SIDOARJO Jumat, 28 Mar 2008
SIDOARJO – Kekhawatiran warga Siring Barat, Kelurahan Siring, semakin menjadi. Semburan yang muncul di areal salah satu perusahaan itu membesar kemarin (27/3). Bahkan, tanah di sekitar semburan ambles 1,5 meter membentuk bundaran berdiameter 5 meter.

Sukarno, 46, salah seorang warga, mengetahui hal itu setelah satpam pabrik bercerita kepada dirinya. Informasinya, semburan tersebut membesar Rabu (26/3) dini hari. Keesokannya (Kamis, 27/3), Edi bersama warga lain menghampiri perusahaan tersebut. Mereka ingin melihat kondisi terakhir semburan itu. “Bau gasnya semakin menyengat,” kata Edi.

Kedatangan warga ditanggapi perusahaan dengan baik. Mereka mempersilakan warga melihat. Setelah menyaksikan lokasi semburan tersebut, warga terkejut dan mengaku khawatir. Kali pertama semburan di Siring Barat itu muncul enam bulan lalu. Semburan mengeluarkan air bercampur pasir dan gas yang mudah terbakar.

Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Achmad Zulkarnain mengimbau perusahaan untuk melokalisasi semburan tersebut. Tujuannya adalah mengantisipasi penurunan semakin melebar. “Bentuknya mirip tanggul cincin, tapi kecil,” ujarnya. Kemudian, instalasi listrik dilepas. Areal ruang terbuka juga ditambah. “Semua itu bertujua untuk mengurangi dampak bahaya dari semburan tersebut,” tambah Zulkarnain. (riq/roz)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: