Gorong-Gorong pun Keluarkan Gas

RADAR SIDOARJO Senin, 07 Apr 2008

SIDOARJO – Waspadalah jika melintas di Jl Raya Porong. Gorong-gorong jalan tersebut ditemukan mengeluarkan gas yang mudah terbakar. BPLS berupaya agar gas tidak terkonsentrasi sehingga meminimalkan tingkat bahayanya.

Kandungan gas dalam gorong-gorong di sisi barat Jl Raya Porong itu sebenarnya sudah diketahui warga sekitar. Mereka pernah menyulutnya sehingga terbakar. Meski demikian, ada juga pedagang kaki lima (PKL) yang tetap berjualan di atas gorong-gorong sepanjang 400 meter itu.

Menurut Humas BPLS Achmad Zulkarnain, belum diketahui pasti apakah di gorong-gorong tersebut ada semburan (bubble) atau tidak. “Tapi, benar ada konsentrasi gas di dalam,” katanya.

BPLS menyimpulkan, gas dalam gorong-gorong itu dibawa air yang keluar dari bubble di sekitar rumah warga. Gas tersebut sebenarnya tidak tinggi. Tapi, karena terkonsentrasi dalam ruang tertutup, kadar gas terus meningkat. Fergaco menyatakan, kadar gas di atas 100 persen. “Karena itu, baunya tidak sedap dan mudah terbakar,” ujar dia.

Guna mencegah terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan, BPLS membuat ventilasi di atas gorong-gorong. Caranya, membuat lubang di atasnya agar gas keluar. “Jika dibuka, akan ada sirkulasi udara yang memecah konsentrasi itu,” ucapnya.

Zulkarnain juga mengimbau warga supaya waspada. Jangan sekali-kali membuang puntung rokok atau sisa api di tempat tersebut. “Sebisanya, jauhkan api dari tempat itu,” harapnya. (riq/roz)

Iklan

4 Responses to Gorong-Gorong pun Keluarkan Gas

  1. nh wibowo berkata:

    berarti mulai besok kota PORONG ganti nama jadi kota GORONG..
    gitu yak boss..?

  2. MAs KArebet berkata:

    “Gorong-Gorong pun Keluarkan Gas”
    ==============================

    🙂 Namanya GAS GORONG2 kali ? 🙂

  3. ucup berkata:

    Blummmm itu maksudnya apa boy ?…. apa mungkin seluruh kota porong tenggelam ditelam bumi? atau mungkin akan keluar gas beracun yg membuat semua orang akan …? atau mungkin akan mucul ledakan besar yg membuat ….?. atau …. atau…. semua bumi akan gelap… boy ?….

  4. agung@yahoo.co berkata:

    sebenarnya semuai itu yang patut di awasi adalah kejadian yg akan datang, sebab dari hasil pengamatan kami dilapangan itu semua hanyalah baru dari babak awal saja. bencana yg akan lebih besar akan datang dan itu terjadi bisa lebih cepat dari prediksi yg diperkirakan, saya kira ahli2 tentang migas jg tau begitu juga dengan BPLS, Fergaco. yang terpenting sekarang haruslah dipikirkan tentang evakuasi dan pengosongan area, sebelum blummmm…… habislah semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: