Relokasi Rel Terhenti

RADAR SIDOARJO Rabu, 16 Apr 2008 SIDOARJO – Semangat PT Kereta Api merelokasi jalur rel KA tersendat. Relokasi rel yang telah mencapai 4,5 kilometer di lahan PT KA akhirnya berhenti karena terhambat lahan. PT KA menunggu aksi pemerintah pusat untuk membebaskan lahan untuk jalur baru.

Humas PT KA DAOP VIII Sudarsono mengatakan, PT KAI sudah membangun jalur baru untuk merelokasi rel. Menurut rencana, pembangunan jalur baru sepanjang sekitar 15 kilometer. Namun, pembangunan berhenti pada kilometer 4,5 dari Stasiun Sidoarjo Kota. Sisanya, 10,5 kilometer, menunggu proses pembebasan lahan. “Kami menyerahkan pembebasan lahan itu ke pusat,” katanya.

Sudarsono menambahkan, yang bisa dilakukan PT KA saat ini ialah menghidupkan kembali jalur rel dari Sidoarjo Kota-Kecamatan Tarik. Upaya itu dilakukan dengan menguruk dan mengeraskan lahan agar lebih kuat. Jalur itu sudah siap. “Dalam waktu dekat PT KA mulai memasang bantalan rel,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Pembebasan Tanah (P2T) Pemkab Sidoarjo Djoko Saptono mengatakan belum ada perkembangan dalam negosiasi pembebasan lahan untuk kebutuhan relokasi infrastruktur. “Realisasi pembebasan lahan terhambat,” kata Djoko. Karena itu, pemkab pun akhirnya menyerahkan pembebasan lahan kepada pemerintah pusat. “Semua terserah yang punya proyek, ” katanya. (riq/roz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: