Warga Gempolsari Tagih Ganti Rugi

RADAR SIDOARJO Selasa, 15 Apr 2008 SIDOARJO – Warga Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, berunjuk rasa ke Kantor DPRD dan Pendapa Delta Wibawa kemarin. Mereka mempertanyakan pembayaran uang muka 20 persen untuk ganti rugi lahan yang terkena lumpur. Proses pembayaran lahan warga terkendala status apakah masuk tanah kering atau sawah.

Sekitar 70 warga berbondong-bondong ke pendapa dengan puluhan motor. Mereka ingin menemui Bupati Win Hendrarso. Tapi, ternyata Win sedang umrah. Semula warga tidak percaya dan tetap memaksa masuk. Ratusan aparat yang berjaga di depan pintu pagar menghadang massa.

Merasa usahanya sia-sia, warga mengalihkan sasaran menuju Kantor DPRD Sidoarjo. Di kantor dewan, perwakilan mereka langsung ditemui Pansus Lumpur DPRD Sidoarjo. Di antaranya, Ketua Pansus Maimun Sirodj, Wakil Ketua DPRD Jalauddin Alham dan Sumi Harsono, serta beberapa anggota dewan lain.

Dalam pertemuan tersebut, warga menjelaskan bahwa di Desa Gempolsari, ada dua RT yang masuk peta terdampak. Yaitu, RT 9 dan 10 RW 2. Di dua RT tersebut ada 92 berkas yang berhak mendapatkan ganti rugi. Di antara 92 berkas tersebut, 72 berkas sudah dibayar 20 persen. “Tapi, yang 20 berkas belum dibayar,” kata Arifin, salah seorang perwakilan warga.

Dia mengatakan, 20 berkas itu sudah memiliki berita acara. Tapi, penandatanganan perjanjian ikatan jual beli (PIJB) belum juga dilakukan. Warga pernah mempertanyakan persoalan itu ke PT Minarak. Namun, menurut PT Minarak, ada surat dari kepala desa yang menyebutkan adanya perbedaan antara bukti dokumen dan bukti di lapangan. Dokumen menyatakan lahan warga sebagai tanah kering. Kenyataannya, lahan itu digunakan untuk membuat batu bata. “Lahan kami dianggap lahan banci, ” ucap Arifin.

Pansus Lumpur menyanggupi membantu memfasilitasi penyelesaian masalah tersebut. Menurut Maimun Sirodj, ada ketidaksepahaman antara PT Minarak, warga, Tim Verifikasi BPLS, dan perangkat desa. “Jadi, mereka harus bertemu supaya jelas persoalannya,” katanya. (riq/roz)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: