Hak Anak Korban Lapindo Terabakan

Kamis, 17 April 2008 | 17:55 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengungkapkan, anak-anak pengungsi korban semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo mengalami fase kejenuhan dan terabaikan haknya.

Selama dua tahun bencana ini, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sidoarjo tidak ada penanganan khusus bagi anak-anak pengungsi. “Data pengungsi anak tidak ditemukan di instansi mana pun yang terlibat,” kata Sekretaris KPAI Hadi Supeno kepada Tempo, Kamis.

Kondisi Pengungsian di Pasar Porong, ia melanjutkan, secara tidak langsung mempercepat internalisasi nilai-nilai orang dewasa ke anak. Mereka terpaksa melihat konflik rumah tangga, kosakata kosor dan yang terburuk hubungan intim suami istri. Anak pengungsi tinggal bersama dengan orang dewasa di tempat tanpa sekat. “Itu jelas nggak normal,” ujar Hadi.

Kondisi anak-anak di Desa Besuki pun tidak memperoleh ransum makanan dari Lapindo. Mereka tinggal di atas jalan tol yang terputus dan sekolah di rumah penduduk.

KPAI meminta Presiden untuk segera menyelesaikan masalah pengungsi di Lapindo. “Anak-anak harus dilindungi dari aspek pemukiman layak, kesehatan dan pendidikan,” kata Hadi. Retnoe Dianing Sari

3 Balasan ke Hak Anak Korban Lapindo Terabakan

  1. hati nurani mengatakan:

    Kebangkitan Nasional diperingati dengan megah dengan biaya Milyar-an rupiah. Indonesia Bisa menjadi slogan. Jadi bertanya “kok bisa ditengah bencana yang begini banyak dan rencana kenaikan BBM malah mengadakan seremonial yang bertolak belakang dengan kenyataan? “.
    Jangan -jangan bukan kebangkitan malah kebalikkannya. Astagfirullah.
    Pemimpin kita sudah lupa dan kehilangan fokus, karena dahulu kuwalat dengan bapak pendiri bangsa, Sukarno. Dahulu TNI ( dalam hal ini AD ) menghujat kepada bapak bangsa yang justru berkorban untuk bangsa Indonesia, terlepas Sukarno salah atu tidak, bangsa Indonesia tidak lahir tanpa ada Sukarno. Selama AD tidak merehabilitasi nama baik Sukarno, bangsa Indonesia ( terutama ADnya ) akan terus sakit terhadap sejarah dan akan kuwalat atau durhaka. JAdi kita habis waktunya hanya untuk mencari jati diri dan martabat sebagai bangsa Indonesia.

  2. nh wibowo mengatakan:

    SAYA BERDOA, SEMOGA PARA PEMIMPIN YG DZOLIM TERHADAP RAKYATNYA MENDAPAT AZAB SEBELUM MATI DAN SESUDAH MATI..!!
    AMIN.. AMIN.. AMIIIINN….!!!

  3. hati nurani mengatakan:

    Hari ini, karena himpitan masalah ekonomi, seorang bapak bunuh diri dengan 2 anak lakinya. 2 Bulan yg lalu seorang ibu dan 3 anaknya. Anak dan orangtua korban Lumpur Lapindo akan mengalami hal yg sama juga pada akhirnya. Para pemimpin ( SBY+ JK + Abu Bakri), alim ulama ( Hasyim Musyadi) , Gurbernur, Camat, dll yg beragama Islam di negara yang berpenduduk Islam terbesar ini, akan diminta pertanggujawabannya di kemudian hari pada hari pengadilan oleh Yang Maha Adil dan Maha Membalas, dimana mulut dan tangan dan kaki akan dikunci, dan hanya PERBUATAN yang akan menjadi saksi. Semoga Bangsa dan Pemimpin Indonesia akan lebih Bijaksana dan Takut terhadap AkibatNya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: