Kewalahan Bubble Baru

RADAR SIDOARJO Kamis, 08 Mei 2008

SIDOARJO – Semburan baru (bubble) disertai gas muncul lagi kemarin (6/5). Lokasinya berimpitan dengan tangggul di Siring Timur, Kelurahan Siring, Kecamatan Porong. Meski semburan kecil, bau gasnya menyengat. Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) langsung memberinya pipa di bawah tanggul dengan bentuk cerobong.

Semburan baru itu berada di bawah tanggul terluar Siring Timur. Selain mengeluarkan air, semburan membentuk bundaran berdiameter 30 sentimeter. Jarak semburan dengan rel kereta api (KA) sekitar 10 meter. Meski begitu, KA yang melintas rel tersebut tidak terganggu.

Menurut Humas BPLS Ahmad Zulkarnaen, semburan diketahui muncul kemarin pagi. Awalnya berupa gelembung. Lama-lama jadi besar dan gasnya menyengat. “Jika dibiarkan bisa merusak tanggul,” kata Zulkarnain yang mengatakan semburan tersebut adalah yang ke-86.

Air yang keluar dari semburan itu tidak dingin seperti yang ada di permukiman warga. Namun, kadar gasnya cukup tinggi, yakni 59 persen. “Pada ukuran itu, gas mudah sekali terbakar,” katanya.

Zulkarnain mengaku khawatir dengan lokasi semburan di tempat terbuka. Banyak orang lalu-lalang di kawasan itu. BPLS harus melakukan pengamanan ekstra. Ditakutkan ada orang iseng yang sengaja menyulut api. “Kalau sudah terbakar, akan sulit dipadamkan, ” ujarnya. (riq/roz)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: