Pembayaran Sawah Direalisasikan

RADAR SIDOARJO Kamis, 08 Mei 2008

SIDOARJO – Penantian berakhir. Rapat Panitia Khusus (Pansus) Lumpur DPRD Sidoarjo memutuskan ganti rugi gagal panen segera dibayarkan. Telah disediakan dana Rp 7,2 miliar hasil sharing dari Pemerintah Provinsi Jatim Rp 2,2 miliar dan PT Lapindo Rp 5 miliar.

Keputusan itu dicapai dalam rapat kemarin yang dihadiri perwakilan warga, BPLS, PT Lapindo, Dinas Pertanian, dan BPKKD. Ada 72,4 hektare lahan yang kena lumpur secara permanen. Juga, 420 hektare lahan yang baru sebagian terkena lumpur. Semuanya mendapat uang gagal panen.

Ketua Pansus Lumpur DPRD Sidoarjo Maimun Siroj menjelaskan, pembayaran akan diberikan melalui rekening Pemkab Sidoarjo. Untuk itu, Maimun meminta pemkab segera membuka rekening terkait kepentingan tersebut. “Pemprov dan PT Lapindo akan langsung mengirimkan uang ke rekening tersebut,” katanya. Pembayaran kepada masyarakat diserahkan sepenuhnya kepada pemkab.

Kawasan yang mendapat ganti rugi gagal panen adalah Desa Besuki, Pejarakan, dan Glagaharum, Kecamatan Porong. Beberapa desa lain, yakni Gempolsari, Kalitengah, Penatarsewu, dan Ketapang masuk Kecamatan Tanggulangin. (riq/nuq)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: