Satu Mengecil, Yang Lain Nyembur

RADAR SIDOARJO Selasa, 06 Mei 2008

SIDOARJO – Baru sehari lega, warga Siring Barat RT 12 RW 2, Kelurahan Siring, Kecamatan Porong, resah lagi. Semburan baru (bubble) muncul di gudang semen Toko Mega Jaya kemarin (5/5). Semburan itu mengeluarkan lumpur dan air serta bau menyengat.

Berdasar pemantauan di lapangan, semburan baru tersebut berdiameter 40 sentimeter. Air yang disemburkan setinggi 50 sentimeter. Letaknya di ruang belakang gudang milik Hendra Sulistyo di Jl Raya Porong, Sidoarjo.

Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) melalui PT Fergaco Indonesia sudah memasang police line dan larangan menyulut api di lokasi. Semburan baru belum dipipanisasi. Yang dilakukan hanya melokalisasi dengan mengalirkan lumpur dan air ke lahan sebelah utara gudang tersebut.

Menurut anggota tim PT Fergaco Indonesia Dody Ernawan, air yang menyembur itu diikuti gas mudah terbakar. Setelah diukur, kadar gasnya mencapai 15 persen. Gas beracunnya nihil atau nol. “Angka itu bisa naik jika udara di permukaan rendah,” jelasnya.

Dia meminta gudang tidak ditutup. Tujuannya, sirkulasi udara lancar sehingga banyak angin yang masuk dan menguraikan konsentrasi gas tersebut. Jika angin yang masuk ke ruang semburan sedikit, konsentrasi gas akan meninggi. “Kondisi itu bisa berbahaya,” ujarnya.

Dody menambahkan, meski semburan kecil, warga harus tetap waspada. Setidaknya, jangan bermain api di dekat gudang yang sudah dua tahun ini kosong.

Semburan kemarin adalah yang ke-85. Sebelumnya, semburan serupa muncul di permukiman warga RT 12 RW 2 Siring Barat, Kelurahan Siring, Kecamatan Porong. Sifat semburan sama, yakni mengeluarkan lumpur dan material pasir. Kemarin semburan itu mengecil, tapi ternyata muncul semburan baru lagi. (riq/roz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: