Semburan Siring Barat Mengecil

RADAR SIDOARJO Kamis, 08 Mei 2008

SIDOARJO – Semburan baru (bubble) di Siring Barat RT 12 RW 2, Kelurahan Siring, Kecamatan Porong, mengecil kemarin (4/5). Namun, tim pemantau gas dari PT Fergaco Indonesia meminta warga waspada. Sebab, ada kemungkinan muncul semburan lebih besar.

Menurut anggota tim PT Fergaco Indonesia Dody Ernawan, kadar gas hidrokarbon (HC) yang diukur pada pukul 10.00 kemarin menurun. Jika sebelumnya berkisar 35 sampai 67 persen, kemarin kadarnya hanya 15 persen. “Angka itu diukur 30 sentimeter dari permukaan tanah,” ujarnya.

Meski kecil, baunya sangat menyengat. Dody mengatakan, hal itu disebabkan terjangan angin di permukaan rendah. Sifat gas mudah terurai. Kadar gas besar tidak mengeluarkan bau jika terjangan angin di permukaan tinggi. “Jadi, menyengat atau tidak bukan patokan besar kecilnya kadar gas,” terang dia.

Mengecilnya semburan bukan berarti aman. Dikatakan, sifat semburan tersebut sama dengan semburan lain, yakni mengeluarkan air, material, dan gas, sehingga bisa mengecil dan membesar. Dia mencontohkan semburan di salah satu pabrik kawasan Siring. Semburan tersebut sempat berhenti empat hari. Sempat dikira semburan tidak akan muncul lagi. “Tapi kenyataannya, semburan keluar lebih besar,” tuturnya.

Sementara itu, Usman, 45, pemilik rumah yang bersebelahan dengan semburan baru, kemarin mengaku khawatir. Walau begitu, dia tetap bertahan di rumah tersebut. Dia beralasan tidak memiliki biaya untuk pindah ke tempat lain. “Ini rumah saya satu-satunya. Kalau mau pindah, ke mana?” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, semburan baru muncul di tengah permukiman RT 12 RW 2, Siring Barat, Kelurahan Siring, Kecamatan Porong, pada Kamis (1/5). Bubble yang menyembur setinggi 50 sentimeter itu mengeluarkan pasir dan gas yang mudah terbakar. Namun, kemarin semburan mengecil. (riq/roz)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: