Polisi: Kasus Lapindo Tergantung Jaksa

Jum’at, 06 Juni 2008 | 15:08 WIB

TEMPO Interaktif, Surabaya:Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Herman Surjadi Sumawiredja mengatakan penyidikan kasus semburan lumpur PT Lapindo Brantas hingga kini belum menghasilkan perkembangan yang berarti.

Sejak berkas kasus itu dikembalikan lagi oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur untuk ketiga kalinya, polisi terus berupaya menyempurnakan sesuai arahan jaksa. “(Perkembangan penyidikan) masih landai-landai saja,” kata Herman, Jumat (6/6).

Menurut Herman, kelanjutan perkara pidana semburan lumpur itu juga tergantung oleh sikap jaksa. Bolak-baliknya berkas kasus dari kejaksaan ke kepolisian menunjukkan bahwa kedua instansi penegak hukum itu belum bulat dalam melihat posisi kasus.

Ketika untuk ketiga kalinya melimpahkan berkas tersebut, penyidik kepolisian juga berusaha menyamakan persepsi dengan jaksa penuntut. Namun, kejaksaan tetap mengembalikan lagi berkas kasus Lapindo itu dengan alasan belum sempurna. “Sekarang tinggal tergantung jaksa. Makanya wartawan tanya sama jaksanya, jangan sama saya terus,” kata Herman.

Sementara Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat Kejati Jatim Mulyono mengatakan, kejaksaan masih menunggu kelengkapan berkas dari polisi. Sayangnya Mulyono tidak mau berkomentar banyak karena terhitung sejak empat hari lalu dirinya telah cuti sementara dari jabatannya dan menjadi anggota Panitia Pengawas Pemilihan Gubernur Jatim.

“Kalau berkasnya belum lengkap, jaksa tidak berani meneruskan ke persidangan,” kata Mulyono sambil mematikan telepon genggamnya.

Penyidikan adanya dugaan unsur kelalaian yang memicu timbulnya bencana semburan lumpur telah dimulai sejak tahun 2006. Polisi telah menetapkan 13 tersangka dari pegawai PT Lapindo, PT Medici dan subkontraktor lapangan. Polisi tiga kali melimpahkan berkas kasusnya ke Kejaksaan Tinggi, namun tiga kali pula dikembalikan dengan alasan belum sempurna.

Kukuh S Wibowo

Satu Balasan ke Polisi: Kasus Lapindo Tergantung Jaksa

  1. Mas KArebet mengatakan:

    “Polisi: Kasus Lapindo Tergantung Jaksa”
    ================================
    🙂 Tergantung uangnya aja deh🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: