Tenaga Panas Lumpur Lapindo

*Investor AS Bangun Pembangkit Listrik
Tenaga Panas Lumpur Lapindo
Indopos-JAKARTA – Semburan lumpur panas Lapindo di Sidoarjo selama dua tahun tanpa henti ternyata mengandung potensi bisnis besar. Buktinya, perusahaan energi asal Houston, Amerika Serikat, Vlocity Holding Inc berniat memanfaatkan panas tersebut untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP).

Untuk menunjukkan keseriusannya, CEO Vlociti Dr Taswin Tarib membeberkan kelayakan rencana proyeknya di hadapan staf khusus Sekretariat Wapres Alwi Hamu di gedung II Istana Wapres, Jakarta, kemarin (8/7).

Taswin yang kemarin tampil berbaju necis mengatakan telah bernegosiasi dengan pemilik teknologi geotermal untuk melaksanakan proyek yang rencananya menghasilkan 2.000 MW. Dana USD 5,2 miliar (sekitar Rp 47 triliun) siap diguyurkan ke kawasan lumpur Lapindo. “Panas bumi yang merupakan bencana di
Sidoarjo akan kami manfaatkan menjadi energi listrik untuk seluruh masyarakat,” tegas Taswin, yang mengaku bisa berbahasa Inggris, Jerman, Indonesia, dan dialek lokal itu.

Mengenai gambaran proyeknya, Tasrib memaparkan, listrik dari panas lumpur Lapindo akan dihasilkan dengan empat pembangkit lorong vertikal (vertical tunnels). Vlociti bakal memindahkan manufaktur Sirex Vertical Construction Machine dari Amerika Serikat. “Teknologi energi ini sudah diterapkan di Arizona (AS) dan Jerman dengan daya yang dihasilkan 200-500 mw,” jelasnya.
Terkait soal pendanaan, Taswin mengungkapkan bahwa pihaknya akan melibatkan Sirex PHS asal AS dan Turbo Jacks asal Jerman. Selain itu, ada dana sendiri dan sebagian kecil dari perbankan asing. Karena akan memakai dana grup sendiri, collateral (jaminan) yang digunakan ialah milik grup dan tidak memerlukan collateral dari PLN atau pemerintah.

Dia menambahkan, untuk mendukung rencana pembangunan proyek tersebut, pemilik teknologi dari Xirex dan Turbo Jacks akan datang ke Jakarta untuk menandatangani nota kesepahaman dengan pihak Vlocity pada 15 Agustus. Untuk dalam negeri, proyek itu rencananya diwakili PT Jatayu Sarana Investasi. Selain bebas polusi, pembangkit yang akan memanen panas bumi 500 derajat Fahrenheit pada kedalaman 20 kilometer tersebut bakal menghasilkan listrik murah pada kisaran harga 2-3 sen Euro (Rp 289-Rp 433,7 per kwh) per kilowatt hour (kwh). Harga itu jauh lebih murah daripada tarif PLN untuk kelas rumah tangga yang besar Rp 621 per kwh. “Dengan demikian, PLN diuntungkan dari sisi pasokan listrik murah dan berkurangnya subsidi bahan bakar minyak akibat penggunaan pembangkit diesel,” kata pria kelahiran Sumatera Barat 57
tahun lalu itu.

Berbeda dengan pembangkit listrik batu bara 10.000 mw, Vlocity tidak meminta penjaminan kredit dari pemerintah. Vlocity hanya meminta bantuan kepada Bank Indonesia dan Departemen Keuangan untuk mempermudah masuknya dana tersebut ke Indonesia. Dana Rp 47 triliun itu akan masuk secara bertahap selama 3-4 tahun.

Pembangunan energi panas bumi, lanjut Taswin, diperkirakan bakal memakan waktu 36 bulan sebelum masuk ke jaringan distribusi PLN. Setelah itu, manfaat besar akan dinikmati lantaran cost yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan teknologi konvensional yang selama ini digunakan Pertamina dan PLN. “Tidak hanya itu, capacity factor dipertahankan pada kisaran 70-80 persen,” janjinya.

Bagaimana proses sederhana PLTP dari lumpur Lapindo itu, mantan Kepala Unit PLN PJB I Harijono Hirdjosumaryo yang menyertai Taswin memberikan penjelasan. “Kita memasukkan air ke panas bumi, air menjadi uap. Uap naik ke atas sehingga menjalankan turbin,” jelasnya. Pada tahap awal, tanah digali sedalam 10 mil untuk mengambil panas alami bumi dengan diameter lubang 12 kaki. Kemudian, dinding dilapisi dengan lapisan tahan panas.

(Note: sepertinya perlu dikoreksi : kedalaman 10 000 feet diameter 12 inci)

Mengutip dari situsnya, Vlociti Holdings Inc merupakan sebuah lembaga bermisi sosial untuk membantu anak-anak, keluarga, dan lingkungan di negara berkembang, seperti Vietnam dan Indonesia, melalui sejumlah program, antara lain, pendidikan, teknologi, dan kesehatan.

Koordinator Staf Khusus Wakil Presiden Alwi Hamu yang menerima presentasi mengungkapkan dukungan pemerintah terhadap proyek tersebut. Wapres Jusuf Kalla telah meminta Ditjen Migas Departemen ESDM dan Kementerian Negara Ristek dan Teknologi untuk mengkaji teknologi tersebut. “Pada prinsipnya, karena tujuannya baik dan negara diuntungkan, Wapres meminta proposal tersebut dikaji kelayakannya,” terangnya. (noe/kim)

13 Balasan ke Tenaga Panas Lumpur Lapindo

  1. herwan mengatakan:

    apa bapak tahu tentang teknologo referensinya sejenis teori bisa bantu saya?

  2. CALEG GAGAL mengatakan:

    Kalau duit investasi 47 trilyun yang diperlukan tersebut berupa sumbangan internasional buat penduduk sidoarjo (gratis) kelihatannya tidak akan ada masalah. Namun jika itu berupa duit yang harus dikembalikan penduduk (dan pemerintah), perlu kaji lanjut kemahalan teknologi yang digunakan. Kalau ongkosnya dibawah 25 trilyun mungkin masih layak untuk ukuran pembangkit listrik, itupun masih harus berurusan dengan harga jual bersubsidi dan tidak akan serendah nilai Rp 289-Rp 433,7 per kwh. Nilai jual segitu mesti disubsidi pemerintah seberapa banyak? Terus nilai jual tersebut berlaku setahun atau 30 tahun. Nilai produk teknologi mesti yang menguntungkan, efisien dan ekonomis. Ini penting, karena pemerintah perlu mendukung generasi muda agar lebih berminat belajar ilmu teknik

  3. Didi mengatakan:

    Saya setuju dengan tanggapan, be Positif. Karena teknologi berkembang terus, dan itu mungkin bisa dilakukan. Asal jangan hanya memanfaatkan kesempatan melalui kemudahan dari bank indonesia sehingga kita bisa jadi sasaran Pencucian uang…

    tks

  4. usil mengatakan:

    Sepertinya saya kenal/gak asing dengan ‘gaya nulis’ 3sna ini…..
    tapi dimana ya? Coba saya renungkan lagi…….Tarik!

  5. 3sna mengatakan:

    Teknologi berkembang pesat bung, didunia teknologi nggak ada yg gak mungkin , jadi terlalu dini klo kita udah justifikasi ama hal yg baru, ada baiknya kita cari data n coba compare dg fakta yg ada barangkali emang kita yg masih belum tahu so keep positif thinking aza n optimis lumpur dapat bermanfaat…
    contoh paling gampang saat dibangun beberapa PLTU dijawa menggunakan teknologi paling mutakhir kala itu, namun sekarang klo anda dolan dan bisa liat sendiri bahwa disana udah jadi equipment yg usang teknologi, so teknologi berkembang pesat , mungkin inilah saatnya kita bersama-sama support n gali ide-ide kreatif yg logis dan membawa manfaat, jadi nggak hanya nunggu 30 tahun aza , kasihan korbannya bung klo hanya nunggu nggak ada inovasi.
    Asing ato lokal nggak penting asal jelas ,logis dan kredibel memberi penyelesaian soal lumpur, korban udah terlalu menderita butuh tindakan real bukan analisa ato seminar apalagi nunggu 30 tahun.

  6. bupunsu mengatakan:

    Lumpur Sidoarjo, sudah dua tahun tidak berhenti, diperkirakan baru 30 tahun lagi berhenti. Dasar perkiraannya yaitu reservoar cadangan lumpurya dan keluaran lumpur per harinya, mungkin baru 25-30 tahun berhenti. Beberapa tahun lagi akan mengecil (melemah) ejakulasiya, alias nggembos, nanti baru lama-lama berhenti total. Kalau mau lihat contoh yang sudah nggembos, banyak di daerah Purwodadi, Grobogan, termasuk bledug Kuwu. Untuk energi listrik? Kayaknya di dunia ini belum ada yang memanfaatkan hal semacam itu untuk pembangkit listrik, mungkin dari studi kelayakan teknis dan kelayakan ekonomisnya tidak mencapai break event .

  7. nenyok mengatakan:

    Salam
    kenapa ga dikelola investor lokal yak, atau ga ada dana buat investnya ya, biasanya klo dikelola asing, nilai produk akhirnya jadi mahal tuh🙂

  8. ahmad mengatakan:

    @narayudha
    mas, no offense neeh..
    tapi kalo boleh tahu, dasar keyakinan anda apa?
    terima kasih kalo mau njelasin..

    salam dari korban lumpur

  9. narayudha mengatakan:

    Teman Teman semua,

    Mari bersama sama kita ikuti proses berhentinya lapindo, seperti yang saya sampaikan di komentar sebalumnya, keyakinan saya bertambah kuat bhwa semburan lapindo insya Allah awal gustus berhenti, marilah bersama sama berdoa memohon ampunan dan ridloNya, semoga hal tersebut dapat menjadi kenyataan.

    Suwun.

  10. petak mengatakan:

    Mestinya harus tetap berhenti kan lumpurnya meski panas buminya dimanfaatkan,

  11. narayudha mengatakan:

    Insya Allah paling lamabat bulan agustus 2008 semburan lumpur lapindo sudah berhenti.

  12. Gu mengatakan:

    weuh doain moga cepat berhenti semburan lumpur lapinda

  13. rahadian mengatakan:

    semoga benar-benar bermanfaat untuk warga Porong…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: