Soekarwo Diminta Bantu Fasilitasi Korban Lumpur Lapindo

Surabaya (ANTARA News) – Gubernur Jawa Timur DR H Soekarwo SH MHum diminta untuk membantu memfasilitasi korban lumpur Lapindo guna mendapatkan angsuran sisa ganti rugi sesuai kesepakatan antara perwakilan korban dengan PT Minarak Lapindo Jaya (MLJ) yang disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Presiden pada 3 Desember 2008.

“Saya sebenarnya agak pesimistis dengan Gubernur Jawa Timur, karena kami sudah cukup sabar selama dua tahun lebih, tapi tidak ada komitmen, apalagi bantuan, padahal korban lumpur itu kan rakyat Jawa Timur juga,” kata anggota Tim 16 Korban Lumpur Lapindo (KLL), Tanggal H, kepada ANTARA di Surabaya, Jumat.

Ia mengemukakan hal itu ketika dikonfirmasi tentang harapannya kepada Gubernur Jatim terpilih DR H Soekarwo SH MHum yang telah dilantik Mendagri Mardiyanto pada 12 Februari lalu bersama wakilnya H Saifullah Yusuf untuk periode kepemimpinan Provinsi Jatim pada 2009-2013.

Menurut dia, korban lumpur Lapindo hanya memiliki satu harapan kepada gubernur baru yakni difasilitasi untuk terwujudnya angsuran sesuai kesepakatan 3 Desember 2008 yakni angsuran Rp30 juta/bulan/orang hingga mencapai nilai kerugian yang dialami serta bantuan uang kontrak rumah sebesar Rp2,5 juta selama dalam proses penantian.

“Jadi, kami cuma ingin kerugian kami dibayar, karena di lapangan nggak ada realisasi sama sekali. Kalau Pemprov mau membantu ya tolong kami difasilitasi, tapi kalau tidak ya kami akan tetap ke Jakarta,” katanya.

Senada dengan itu, koordinator perwakilan Korban Lumpur Lapindo (KLL), Koes Soelaksono, menyatakan para korban lumpur akan berunjukrasa ke Istana Presiden di Jakarta lagi untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah.

“Minarak sudah terbukti tidak mampu membayar angsuran sesuai kesepakatan, karena mereka justru menawar Rp15 juta. Kalau memang begitu, kami akan ke Jakarta untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah. Kalau perlu kami akan minta pembayaran penuh 80 persen, karena kesabaran kami untuk diangsur sudah tidak digubris,” katanya.(*)

COPYRIGHT © ANTARA

Iklan

Satu Balasan ke Soekarwo Diminta Bantu Fasilitasi Korban Lumpur Lapindo

  1. […] Soekarwo Diminta Bantu Fasilitasi Korban Lumpur Lapindo […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: