BP Migas Ambil Sampel Lumpur Lapindo

21/03/09 18:10
Sidoarjo (ANTARA News) – Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), Sabtu, mengambil sampel lumpur Lapindo menyusul ditemukannya cairan pekat yang menyerupai minyak mentah yang keluar dari semburan lumpur Lapindo.

Pengambilan sampel itu juga didampingi Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) dan ahli Geologi. “Untuk sementara kami akan mengumpulkan data terlebih dahulu untuk diteliti di dalam laboratorium,” kata tim BP Migas, Yonathan, saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Jatim.

Untuk kesimpulan sementara, kandungan yang terdapat pada cairan itu adalah Hidrokarbon (gas dan minyak), namun untuk memastikan minyak atau bukan tentunya masih harus menunggu hasil laboratorium.

“Untuk memastikan hasilnya, kami harus menunggu hasil laboratorium sekitar dua pekan lagi,” katanya.

Sementara itu, Humas BPLS, Ahmad Zulkarnain mengatakan, belum bisa melakukan langkah konkret yang akan dilakukan BPLS. “Untuk sementara ini, kami masih menunggu hasil penelitian yang dilakukan BP Migas,” katanya.

Bila kandungan minyak di dalam cairan itu ditemukan, katanya, pihaknya akan melaporkan kepada dewan pengarah lumpur Lapindo di Jakarta.

Sebelumnya, dugaan minyak mentah berwarna hitam mengkilap keluar dari dalam perut bumi di area pusat semburan. Fenomena itu muncul sejak 19 Maret lalu dan hingga kini masih terus mengalir bersama lumpur yang menyembur/meluap.

BPLS mencatat dalam tiga tahun terakhir, minyak serupa muncul sudah dua kali. Posisinya minyak mentah berada diatas lumpur panas yang mengalir keluar dari pusat semburan.

“Kalau melihat dari dekat tanggul utama, akan kelihatan cairan hitam yang tidak menyatu dengan lumpur itu,” kata Zulkarnain.

Namun, ia mengaku tidak tahu debit minyak yang keluar mengiringi lumpur panas itu. “Jumlah debit minyak mentah yang keluar dalam setiap harinya, saya tidak tahu,” katanya. (*)

COPYRIGHT © 2009

3 Balasan ke BP Migas Ambil Sampel Lumpur Lapindo

  1. Aman bahagia mengatakan:

    Saya aka mencoba menangulangi semburan lumpur lapindo .saya lagi buat gambar alat yang sudah siap saya rancang . Akan saya ajukan ke gubenur aceh

  2. den_mail mengatakan:

    Coba cepat di analisis, sebab saya pernah membaca dari salah satu artikel, saya lupa sumbernya, bahwa di paparan daerah tersebut potensial mengandung minyak/gas bumi dengan potensi yang cukup besar. Sehingga mungkin ini merupakan berkah tersembunyi dibalik bencana tsrsebut.

    • Abu Salman mengatakan:

      Ya kalau ada minyaknya harus disyukuri, tapi jangan diserahin lapindo lagi, perlu untuk mbayari kerugian yang lapindo masih ngutang sampai sekarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: