Semburan Lumpur Bisa Dihentikan

Semburan Lumpur Bisa Dihentikan
SURYA/SUGIHARTO
Kondisi luapan lumpur Lapindo, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (29/5). Dua tahun tragedi luapan lumpur yang terjadi sejak 29 Mei 2006 ini membenamkan empat desa yaitu Siring, Jatirejo, Kedungbendo, dan Renokenongo. Ribuan orang kehilangan rumah dan mengungsi.
Jumat, 12 September 2008 | 16:36 WIB

SURABAYA, JUMAT- Tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menegaskan masih ada jalan untuk menghentikan semburan lumpur Lapindo. Pilihan pemerintah untuk fokus pada masalah sosial akan percuma selama semburan terus ada

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITS I Nyoman Sutantra mengatakan, tim ITS masih punya cara untuk menghentikan maupun mengalirkan lumpur. “Hanya saja, tim belum pernah diberi kesempatan untuk membuktikan kemampuan mereka. Kami punya caranya, tinggal pemerintah mau atau tidak,” ujarnya di Surabaya, Jumat (12/9).

Sebelumnnya, pemerintah menyatakan menyerah dan mengganggap semburan lumpur di Porong itu tidak bisa dihentikan. Pemerintah memilih berkonsentrasi pada penanganan masalah sosial dan infrastruktur (Kompas, 12/9). Pernyataan itu kemudian dibantah oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jumat siang tadi.

Sutantra mengatakan, masalah sosial akan terus ada selama semburan tidak dihentikan. Semburan akan terus meluas sehingga akan semakin banyak desa tenggelam lumpur. “Sekarang saja sudah ada beberapa desa lagi terendam dan belum masuk peta terdampak. Peraturan pemerintah untuk memasukkan desa-desa itu sudah beberapa bulan tidak jadi-jadi,” ujarnya.

Karena itu, pemerintah sebaiknya tetap mengkaji dan mengupayakan penghentian semburan itu. Dalam jangka panjang, biaya penghentian itu akan jauh lebih murah daripada kerugian yang ditimbulkannya. “Kami sudah kirim surat ke Presiden terkait usulan ini. Tetapi, sampai sekarang belum ada jawaban,” ujarnya.

RAZ

Dapatkan artikel ini di URL:
http://www.kompas.com/read/xml/2008/09/12/16365259/semburan.lumpur.bisa.dihentikan

11 Balasan ke Semburan Lumpur Bisa Dihentikan

  1. Ivory Lintang Suminar mengatakan:

    Assalamualaikum Wr Wb. mari bergabung bersama kami

  2. abdoel katong mengatakan:

    Semoga lumpur Lapindo bisa berhenti, aku dengar, saat ini mulai ada penyusutan lumpur. Akhir tahun 2009, sekumpulan manusia dengan niat ikhlas berdoa memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar lumpur berhenti. Mereka datang dari Gondang manis, Karanganyar, Jateng. Semoga dengan ikhtiar doa mereka, Allah benar-benar mengabulkan,sehingga lumpur yang begitu lama membuat penderitaan rakyat di sana segera surut.

  3. Kita mengenal bumi yang indah dan bersih mencari sosok pribadi murni yang baik sebuah perjalanan perputaran langit bumi angkasa dari bawah lumpur dan bumi jelek panas semburan lumpur usha sampingan membangun Lapindo Aeronautics and Space Administrations like LASA in Sidoarjo Surabaya Indonesia kita nantikan gedung besar bangunan kokoh ruang peluncuran pesawat dan hamparan perlindungan pesawat luar angkasa dari tanah bumi langit dan angkasa sehingga ada reaksi peristiwa kedatangan dua orang astronot atau lebih suatu saat dapat belajar dan samapai sudah bergerak luar angkasa di ketinggian 10.000,00,100.000,00 1000.000,00 km area di luar bumi

  4. Hamba Allah mengatakan:

    Mungkin Tuhan mulai bosan melihat tingkah kita yang selalu salah dan bangga dengan dosa dosa.

  5. ADRIANA TRISARI HANDARIANI,SE mengatakan:

    Pada Tgl 22 Oktober 2009 , Pk. 05.00 WIB.(Pagi Hari)
    Tempat : Pusat Semburan Lumpur LAPINDO – SIDOARJO
    AKU Dan TUHAN Akan Membuat Semburan Lumpur BERHENTI dan MENGERING Seketika Secara GAIB !

  6. Tidak ada salahnya pemerintah memberi kesempatan ITS berhasil tidaknya itu urusan ALLAH SWT

  7. bambang, mengatakan:

    Untuk menghentikan semburan perlu dilakukan penelitian secara terpadu. Perlu di ketahui informasi bawah permukaan secara detil.Penelitian ini mungkin memakan waktu lama , sedangkan masyarakat sekitar Lusi juga perlu diperhatikan, jadi memang masalahnya memang tidak semudah yang dibatangkan.

  8. jujur septian mengatakan:

    koran dinamika siap untuk menampung berita-berita seputar P3GL.
    Tolong kirim rilis berita ke e-mail kami?

  9. faisal mengatakan:

    nama saya amien, saya tinggal di rumah orang tua saya, saya punya sedikit teknik dalam penanganan semburan lumpur, jika anda berminat silahkan hubungi saya di amien_f@yahoo.com.

    saya anak tebo,jambi,

  10. afril mengatakan:

    mas,saya yo takut klo rumahku ikut tenggelam dialiri lumpur,walopun masih bbrp km dr lumpur.jangan putus asa menghubungi pak presiden.tp kita yo hrs maklum mas,saiki sby masih repot ngurusi pemilu.btw kt warga sda mendukung hasil kerja keras timnya sampeyan untuk terus mengupayakan cara memberhentikan lumpur panas tsb.terus berjuang yo mas,tak dungakno diperhatikan sama staffnya pak presiden.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: