Anggota Dewan Anggap Bubble di Porong Tidak Berbahaya

Selasa, 11/05/2010 22:52 WIB
Anggota Dewan Anggap Bubble di Porong Tidak Berbahaya
Rois Jajeli – detikSurabaya

Sidoarjo – Anggota Komisi V DPR RI menganggap bubble-bubble yang muncul di sekitar kolam penampungan lumpur Lapindo tidak terlalu berbahaya. Dengan begitu, harapan warga Porong meminta ganti rugi, karena tempat tinggalnya bermunculan bubble, terancam kandas.

Munculnya bubble yang mengandung gas metan, membuat warga setiap hari harus menghirup udara yang bercampur gas. Selain itu, mereka juga khawatir jika setiap saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Yoseph Umar Hadi, yang meninjau penanganan dampak luapan lumpur Lapindo di Porong Sidoarjo, mengatakan, bubble-bubble yang bermunculan tidak berbahaya bagi kehidupan warga sekitarnya.

“Bubble-bubble itu saya kira, tadi (penjelasan dari BPLS, Red) disampaikan kepada kita, tidak terlalu berbahaya,” ujar Yoseph, di Porong, Selasa (11/5/2010).

Anggota dewan dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, yang penting masyarakat
diberitahu, agar tidak membuang puntung rokok pada ruas-ruas tertentu yang muncul bubble-bubble.

“Disosialisasikan bahwa bubble-bubble memang tidak bisa dihindari. Cuma psikologis, khawatir akan menyambar yang lain,” ujar Yoseph Umar Hadi, yang juga ketua rombongan peninjauan penanganan luapan lumpur Lapindo.

Yoseph menerangkan, lebih baik bubble yang muncul dikanalisasi dan dibakar agar tidak berbahaya. “Petugas (BPLS) yang akan mengontrol,” jelasnya.

Sementara itu, warga Desa Siring Barat yang berada di barat kolam lumpur Lapindo berharap agar pemerintah maupaun Lapindo Brantas Inc secepatnya memberikan ganti rugi kepada mereka. Pasalnya, kawasan tempat tinggalnya saat ini sudah tidak layak untuk dihuni.

“Setiap hari saya dan warga lainnya menghirup udara yang tak sedap. banyak bubble yang bermunculan di rumah saya atau rumah warga lainnya. Kami sebagai rakyat kecil berharap pemerintah peduli dan ada payung hukum soal ganti rugi,” ujar Supriani (51), salah seorang warga Siring Barat RT 2, RW 1, saat dihubungi detiksurabaya.com.

(bdh/bdh)

Iklan

9 Balasan ke Anggota Dewan Anggap Bubble di Porong Tidak Berbahaya

  1. ali gaza berkata:

    Angkota Dewan Yg bilang ngak bahaya, dipindah saja rumah dinasnya disitu + keluargannya !… dan setelah itu tanya lagi apa komentarnya ?…

  2. selly berkata:

    wah apa sudah berdasarkan riset? jgn asal ngomong pak..

  3. galih berkata:

    wah2 kalo anggota dewanx udah bilang gak bahaya,….suruh tinggal di daerah lumpur aja, ngomong kok gak di pikir to?

  4. Cak Hopang berkata:

    Ya…. jangan asal komentar, Pak….!

  5. Ki Suki berkata:

    Meningkatnya kemunculan bubble2 ini mestinya harus diwaspadai, karena ini bisa jadi disebabkan adanya retakan2 di dalam tanah. Tidak bisa dibiarkan apalagi dikatakan tidak berbahaya. Atau nunggu retakannya semakin besar hingga muncul hole baru.
    Om Rovicky, ada penjelasan lebih lanjut tentang kejadian bubble2 ini secara geologi?

  6. ratna berkata:

    mana janji manismu,, saat pemilu dulu
    bapak DPR yang terhormat,,,secara rasional orang akan sakit jika menghirup bau gas beracun dalam jangka panjang…
    bapak g pernah belajar ipa y???

  7. sajotoprima berkata:

    sudah riset agaknya dia…terjun sendiri ato masukan dari bakri cs, kalo menurut dia tidak berbahaya, kasih aja rumah dinas disana biar merasakan penderitaan rakyat.

  8. fery berkata:

    ketua dewan atau ketu dewa tu si Yoseph Umar Hadi.berani tandatangan surat oerjanjian gak?andai kelak ada masalah,dia dan partainya bertanggung jawab penuh,jangan sampai ada masalah,cuma bisa mengsilat lidah bakan menjilat ludahnya sendiri.

  9. dodi ichwana berkata:

    Salam kenal…
    yang namanya gas metan itu tetap berbahaya, setidaknya jika dihirup dalam waktu yang lama.. ditambah lagi jika ada pancingan api..
    kunjungi juga ya situs ini juga blog saya di ichwana.blogdetik.com dan di blog.unand.ac.id/ichwana
    terima kasih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: