Semburan Pasif Lumpur Lapindo Jadi Aktif

20 Agustus 2010, 11:53:26| Laporan Akhmad

Semburan Pasif Lumpur Lapindo Jadi Aktif

suarasurabaya.net| Kekuatiran BPLS mengenai aktifnya kembali titik semburan pasif, kini terjadi. Seperti di RT 3 RW 1 Siring Porong semburan pasif itu jadi aktif.

Semburan dari titik yang dulunya pasif ini sangat kuat. Air keluar sangat deras dan ketinggian semburan mencapai 10 meter. Saat ini air dari yang berasal dari semburan sudah meluber hingga jalan raya Beringin.

Menurut GANDU SUYANTO Ketua RT3 RW 1 Siring saat dihubungi Suara Surabaya, Jumat (20/08), mengatakan, saat ini air sudah memasuki rumah-rumah warga.

Dia juga mengeluhkan minimnya penanganan yang dilakukan oleh BPLS. “Penanganan dari BPLS sangat minim sekali, hanya mengandalkan satu pompa dan tidak ada pengerukan,”ungkap GANDU.

Menurutnya, semburan kali ini sangat membahayakan sekali. Dengan derasnya air dan penanganan BPLS yang dirasa lambat, dikuatirkan dalam semalam wilayah RT 3 akan tenggelam. “Semburan ini sangat berbahaya bagi warga, saya takut jika terus seperti ini dalam semalam RT 3 bakal tenggelam,” ungkap GANDU.

Melubernya air dari semburan hingga ke jalan Beringin dikarenakan tanggul untuk menahan semburan yang menghadap jalan Beringin jebol. GANDU menjelaskan jebolnya tanggul mengakibatkan air meluber ke jalan raya dan masuk ke rumah-rumah warga hingga mencapai ketinggian 10 cm.

Warga juga curiga dengan derasnya air yang meluber. Menurut GANDU mungkin juga ada pipa PDAM yang bocor. Semburan lumpur dari titik yang dulunya pasif ini diketahui warga sejak Selasa (17/08) lalu. Warga juga berinisiatif menyumbat semburan serta menyedot air dengan pompa.

GANDU mengatakan selain berupa air, semburan itu juga bercampur dengan gas dan juga pasir. GANDU menjelaskan saat ini ada 5 titik semburan di RT 3.

Untuk itu, GANDU meminta Gubernur turun tangan menindaklanjuti masalah ini, agar dapat terselesaikan secepatnya. (med/tin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: