Duh, Semburan Lumpur Liar di Sidoarjo Meluas

Senin, 04 Oktober 2010, 14:42 WIB
Duh, Semburan Lumpur Liar di Sidoarjo Meluas

Lumpur Lapindo belum juga teratasi setelah empat tahun menyembur.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO – Semburan lumpur liar kian meluas dan bergeser ke arah selatan dan timur pusat semburan lumpur lapindo. Tragisnya, semburan baru itu bermunculan justru di kawasan yang tidak masuk peta terdampak lumpur, seperti di Desa Besuki dan Desa  Pejarakan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo.

Kandungan gas metan dari semburan-semburan baru itu masuk kategori tinggi. Sehingga, mudah terbakar jika ada percikan api. Makanya, Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) meminta warga untuk waspada. ‘’Sebab, jika tidak akibatnya bisa vatal,’’ papar humas BPLS, Akhmad Khusairi, Senin (4/10).

Pergeseran semburan lumpur itu terus meluas. Sebab, semburan baru muncul juga di kawasan Jatirejo dan Mindi. Sehingga, total semburan lumpur yang terdata di BPLS itu mencapai hampir 200 titik.

Menurut Akhmad Khusyairi, meluasnya semburan liar itu ditengarai karena tekanan di bawah permukaan pusat lumpur cukup tinggi.  Itu sangat membebani kolam penampungan. Sehingga, muncul semburan baru di luar tanggul lautan lumpur lapindo.

Agar semburan baru itu tidak membahayakan warga, BPLS memasang garis pembatas. Tujuannya agar warga tidak mendekat ke lokasi semburan. Sebab, semburan itu mudah terbakar. Dia contohkan, semburan liar di Mindi dan di kebun milikwarga Dusun Babatan Desa Besuki, Jabon.

Semburan tersebut sempat terbakar. Padahal,  ketinggian semburan itu sempat mencapai sekitar tiga meter. Untungnya, BPLS lansung memadamkan kobaran api sehingga, tidak sampai menjalar ke lokasi lain atau  rumah warga.

Meski begitu, BPLS tetap mengimbau warga agar waspada. Alasannya, dalam sepakan terakhir ini semburan semakin meluas. Semburan-semburan baru muncul di kawasan  arah selatan dan timur dari pusat semburan lumpur Lapindo.

Iklan

3 Balasan ke Duh, Semburan Lumpur Liar di Sidoarjo Meluas

  1. Imprasart berkata:

    Mohon dimuat peta2 situasi terakhir sumur dan luberan
    lumpur Lapindo , Pak,

    Maturnuwun,
    Imprasart.

  2. Arafizal berkata:

    Assalaamualaikum 🙂
    Wahai saudaraku, selalu bersabarlah dlm menghadpi cobaa yg melanda Negri kita ini, memang kita ketahui bersama, lau Indonesia ini memang daerah yg rawan kena musibh dan bencana, tapi itulah yg harus kita lihat dan kita lalui dari segi kacamata Agama agar kita tidak menyalahi sang Pencipta,, tapi di semua itu pasti ada hikmahnya… mari kita gali hikmahnya dari segi kacamata Agama, agar kita selalu beriman dan mempercayai kebesaran Allah
    Wassalam

    Arafizal. Pelajar Pondok Pesantren Modern Taajussalaam Besilam Babussalam

  3. ester berkata:

    doaku untuk indonesiaku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: