Kerugian Tol Porong-Gempol Akibat Lapindo Dibebankan ke Tarif

Senin, 31/01/2011 14:58 WIB
Kerugian Tol Porong-Gempol Akibat Lapindo Dibebankan ke Tarif
Suhendra – detikFinance

Foto: Dok detikFinance

Jakarta – PT Jasa Marga Tbk salah satu pihak yang menderita kerugian lumpur Lapindo akan membebankan kerugian itu ke tarif relokasi baru tol Porong Gempol. Jasa Marga menghitung total kerugian kurang lebih Rp 70 miliar dari awal munculnya lumpur hingga ruas relokasi sudah beroperasi kembali.

Hal ini disampaikan oleh Dirut Jasa Marga Frans Sunito di acara rapat dengar pendapat di Komisi VI DPR-RI, Jakarta, Senin (31/1/2011).

Frans menjelaskan, kerugian itu berasal dari kehilangan pendapatan Jasa Marga akibat terkuburnya ruas tol Porong-Gempol sepanjang 5 Km. Selain itu, kerugian berasal dari peralatan ruas tol Jasa Marga yang rusak akibat lumpur.

“Kerugian itu kami perhitungkan dari relokasi, itu akan terbayar kembali dari tarif,” kata Frans.

Hal ini kata Frans, karena pihaknya sudah 9 kali melakukan tuntutan ke pihak Lapindo namun belum dapat respons dari Lapindo. Terlebih lagi sejak pihak Lapindo dilepaskan dari tanggung jawab semburan lumpur Lapindo oleh pemerintah.

Ia juga menambahkan, relokasi tol Porong-Gempol akan mulai dilakukan konstruksinya pada triwulan II tahun 2011. Konstruksi baru  ruas tol itu akan digeser 4 Km kearah barat, yang pengerjaannya dari dimulai dari utara maupun selatan.

Pihak Komisi VI DPR merasa gerah dengan rencana keputusan ini. Mengingat yang akan dirugikan dari beban tarif kerugian Jasa Marga di Tol Porong-Gempol adalah masayarakat pengguna tol.

“Itu solusi yang termudah dari menyelesaikan masalah kerugian, pada akhirnya rakyat yang dibebankan,” kata Iskandar Saihu anggota DPR-RI dari fraksi PPP.
(hen/ang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: