Tanggung Lumpur Lapindo, Pemerintah Siapkan Dana Rp 1,3 Triliun

Senin, 23/08/2010 12:27 WIB Tanggung Lumpur Lapindo, Pemerintah Siapkan Dana Rp 1,3 Triliun
Ramdhania El Hida – detikFinance

Jakarta – Pemerintah masih akan menggelontorkan dana sebesar Rp 1,3 triliun untuk menanggulangi bencana Lumpur Sidoarjo pada tahun 2011.

Dalam nota keuangan dan RAPBN 2011 yang dikutip Senin (23/8/2010), Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) direncanakan mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 1,3 juta triliun.

Jumlah ini secara nominal meningkat sebesar Rp 70 miliar atau 5,8% bila dibandingkan dengan pagu alokasi anggaran belanja BPLS dengan Pagu alokasi anggaran belanja BPLS dalam APBN-P tahun 2010 sebesar Rp 1,2 triliun.

Rencana alokasi anggaran belanja tersebut ditujukan untuk melaksanakan 2 program, yaitu program penanggulangan bencana lumpur Sidoarjo, dengan alokasi anggaran sebesar Rp 1,3 triliun serta program dukungan manajemen, dan pelaksanaan tugas teknis lain dengan alokasi anggaran sebesar Rp 22,8 miliar.

Dengan adanya alokasi anggaran untuk kedua program tersebut, diharapkan terlaksananya pembayaran jual beli tanah dan pembangunan di luar peta area terdampak seluas 61 ha, terlaksananya penanganan pengaliran luapan lumpur melalui operasi 6 unit kapal keruk untuk mengalirkan 32,4 juta meter kubik lumpur, terlaksananya pembangunan relokasi jalan arteri sebanyak 4 paket dan simpang simpang susun Kesambi 1 paket.

Pemerintah berharap dengan terlaksananya pembangunan tersebut maka perlindungan sosial terhadap warga bisa terlaksana, terpenuhinya rasa aman masyarakat di sekitar semburan lumpur dan menyediakan infrastruktur untuk percepatan pemulihan kehidupan sosial ekonomi masyarakat Jawa Timur, serta terlaksananya penanggulangan bencana di Indonesia secara terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh.

2 Balasan ke Tanggung Lumpur Lapindo, Pemerintah Siapkan Dana Rp 1,3 Triliun

  1. arashi kensho mengatakan:

    bakery ngapain tuh.. Hrsny dy tanggung jawab dunks.. Iya gak boss! Pajak jg gak dibyr tuh..

  2. gunawank mengatakan:

    Mudah-mudahan dananya nyampe semua, agar masalahnya segera berakhir….

    Salam kenal,
    by: http://gunawank.wordpress.com/2011/01/24/tips-meningkatkan-google-page-rank/#comment-672

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: