Pansus Lumpur Lapindo Akhirnya Disepakati

Ilustrasi lumpur Sidoarjo (Foto: Dok Okezone)Abdul Rouf

Sabtu, 26 Februari 2011 00:15 wib

Ilustrasi lumpur Sidoarjo (Foto: Dok Okezone)

SIDOARJO – Setelah sempat molor selama dua bulan, akhirnya DPRD Sidoarjo menyepakati pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Lumpur. Sesuai agenda, pansus lumpur akan disahkan pada rapat paripurna, Senin pekan depan.

Anggota Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Sidoarjo, Mahmud mengatakan, pihaknya sudah mengagendakan pembentukan pansus lumpur dalam paripurna.

“Karena pansus lumpur sangat diperlukan, dewan akhirnya menyepakati membentuk pansus. Kami berharap agar kerja pansus lumpur bisa membantu memecahkan permasalahan lumpur,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (25/2/2011).
Politisi asal PAN tersebut mengaku, sebenarnya setelah pansus lumpur berakhir Desember 2010 lalu, sudah ada pembahasan terkait pembentukan pansus lumpur lagi. Namun, masih ada pro dan kontra hingga akhirnya mayoritas kalangan dewan menyetujui pansus yang tujuannya untuk ikut memecahkan permasalahan korban lumpur tersebut.
Ditanya siapa yang akan menjadi Ketua Pansus Lumpur, Mahmud, menambahkan nantinya akan dipilih oleh anggota pansus. Anggota pansus yang berjumlah 13 orang merupakan perwakilan dari masing-masing fraksi. “Ketua pansus akan dipilih oleh anggotanya,” tandasnya.
Terbentuknya pansus lumpur ini sangat diharapkan oleh korban luapan lumpur Lapindo. Pasalnya, mereka ini adalah satu-satunya jembatan antara korban dan instansi lain yang terlibat. Salah satunya adalah mengatur pertemuan dengan PT Minarak Lapindo Jaya (MLJ) dan Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS).
Tanpa bantuan pansus, korban lumpur tidak bisa seenaknya bertemu dengan mereka. Apalagi menanyakan masalah mereka ke Jakarta.
Iwan Susanto, korban lumpur asal Jatirejo mengatakan, selama ini warga bertanya-tanya kapan pansus lumpur dibentuk. Sebab, keberadaan korban lumpur diharapkan bisa menjembatani korban lumpur dalam memperjuangkan hak-haknya.
“Sudah seharunya dewan membentuk pansus lumpur. Karena masih banyak permasalahan lumpur yang belum selesai,” ujarnya.

(ded)

Iklan

Satu Balasan ke Pansus Lumpur Lapindo Akhirnya Disepakati

  1. yutiaroh wanizar berkata:

    kalo ga ada pansus jgn salahkan kalo korbon lumpur berdemo untuk mengutarakan tuntutannya. dan kalo sdh terbentuk pansus hrs berjuang atas nama korbon lumpur lapindo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: