Foto (Detik.com)

Laut Lumpur Lapindo dalam Foto (Detik.com)

October 3rd, 2006

 

Budi Sugiharto – detikcom
Surabaya – Lumpur panas yang bocor diduga akibat eksplorasi Lapindo Brantas Inc hingga hari ke-21 tak juga terbendung. Lebih 6 pabrik tutup, jalan tol terganggu, dan sejumlah desa terbenam. Inilah rekaman amukan lumpur panas tersebut: Baca entri selengkapnya »

72 Balasan ke Foto (Detik.com)

  1. Ishaksyukur mengatakan:

    Menurut pendapat saya ni ye, semburan lumpur panas sidoarjo itu tidak bisa dihetikan total karena akan menyebabkan timbulnya seburan baru ditempat lain,sebab yang namanya tekanan itu akan berusaha menerobos atau mencari titik yang paling lemah, Solusinya adalah menahan lumpur tidak ikut kepermukaan bersama dengan air, Cara nya adalah kita perlu buat suatu alat , yang namanya Capsul separator yang mampu menahan lumpur tidak ikut kepermukaan bumi bersama dengan air, Design dan system kerja nya ntar diuraikan jika pihak yang berkompeten menginginkan nya.( semoga bermanfa”at bagi masyarakat disekitar bencana )

  2. ABDURAHMAN mengatakan:

    Mnanggapi alfaniah, pernyatan anda scara tdk sadar telah menyalahkan ALLAH. Dan ALLAH jahat karena telah mndatangkan bencana. Padahal ALLAH maha pengasih dan penyayang.

  3. alfaniah mengatakan:

    Lumpur Sidoarjo itu bukan salahnya Lapindo,tapi itu adalah azab Allah yang datang.Semua bencana alam itu didatangkan oleh Allah adalah karena orang disana tidak lagi berzikir atau ingat Allah.Maka Allah datangkan bencana itu .Bukankah suatu hal yang aneh lumpur keluar terus dari perut bumi ????
    Tak ada satupun yang bisa menghentikan lumpur kecuali semua orang INdonesia menengadahkan tangan ke langit meminta kepada Allah agar dihentiukan lumpur itu .Dimana -mana setiap sesudah Shalat jumat ramai shalat untuk meminta agar lumpur itu berhenti keluar.Tak satupun manusia yang bisa menghentikan nya kecuali Allah .Ayo mari kita ramai -ramai berdoa dan shalat untuk menghentikan lumpur Sidoarjo.Seperti kita shalat minta hujan itu .Mari kita berbuatr begitu di seluruh Republik .Insya Allah Allah akan mengabulkannya .AQmin Ya Rabbal Alamin

  4. Jeh operator Exsavator mengatakan:

    akibate wong kedonyan nyolong gas lapindo Brantas isok ngetokno gas nek koyok ngene kudu mbalekno asale nek gak tak dongakno uripe sengsoro sak lawase>aq wong cilik dongane mesti mandi>nek pengen gak pengen takdongakno ndang cpt warga2 wenehonno ganti rugi Cok

  5. khujazi mengatakan:

    jika perut bumi keluar terus maka hancurlah/ambleslah/ pulau jawa ini, akibat ULAH TANGAN MANUSIA SERAKAH

  6. Ade Ratmadja mengatakan:

    Semua marga tentunya terhentak ketika sebuah mega proyek besar di lapindo akhirnya jebol mengeluarkan lumpur yang tidak berkesudahan sampai hari ini, serta telah menelan lahan bangunan rumah, sekolah pabrik dan lainn lainnya yang ada di sekitar itu dan tidak bisa dihitung dengn jari tangan dan terus melebar entah sampai kemana. Dalam sebuah mega proyek tentunya syarat dengan teknologi, teknologi bisa membawa manfaat bagi manusia, tapi teknologi bisa membawa bencana bagi manusia pula, jika teknoligi yg diterapkan salah dalam melaksanakan sebuan proyek salah perhitungan apapun proyeknya terlebih sepertti mega proyek pertambangan di lapindo tentu saja akan membawa bencana, jadi jebolnya lumpur lapindo adalah kesalahan teknologi / kesalahan manusia juga, sehingga membawa bencana.

  7. chida mengatakan:

    Kapan Smua ini Akan slesai..

    Hai sang penguasa..
    dengarlah teriakan kami yg sudah tak bersuara..
    pekikan tangis yag sudah tak mampu lg mengeluarkan air mata..

    penguasa..
    dengarlah jeritan anak negri ini..

  8. fendy mengatakan:

    umar BAKRIE

  9. fendy mengatakan:

    pejabat lebih mencari posisi aman sendiri, daripada memikirkan nasib korban lumpur LAPINDO!!!
    SBY lihat & perhatikan nasib korban lumpur, jangan diam saja pura2 tidak tahu…

  10. deddy utomo mengatakan:

    Negara ini lebih tepatnya diganti namanya menjadi”
    LAPINDONESIA”. Karena yang aku tau negara INDONESIA tunduk dengan pemerintahan LAPINDO.

  11. RIRI_@ mengatakan:

    berani berbuat berani bertanggung jawab
    saya kira PT lapindo brantas juga sudah menunjukan tindak tanggung gugat nya

  12. yayan mengatakan:

    otak para pengusaha cuma ada keuntung doang
    mana tanggung jawabnya untungnya mau udah kaya gini pelongo-pelongo kaya kebo aja

  13. britney mengatakan:

    yayaya…
    walau jadi korban lapindo.aku harus usaha buat lanjutin cita2.walau kehilangan rumah,teman2,n kampung lama ,,,,,\
    huhuh

  14. edy s mengatakan:

    kalau boleh tau, dampak apa yg akan terjadi dan efeknya serta radius berapa dari pusat semburan.

  15. pakasam2000 mengatakan:

    hik….hik…..hik……………..

  16. liana mengatakan:

    mengapa lumpur lapindo penyebabnya tidak bertanggung jawab?

  17. saya mengatakan:

    APA YANG KAU LIHAT?????????????????????????????????????????

  18. hamba Mu mengatakan:

    bumi sudah semakin renta dan sudah tidak dapat lagi menahan semua dosa yang telah manusia lakukan pada bumi alam semesta yang secara langsung
    or tidak!mungkin ini adalah teguran dari sang khalik or peringatan bahwa bumi ini sudah semakin tua atau hari dimana peniupan sangkakala sudah sangat dekat waktunya kita hanya bisa menunggu dan tidak akan pernah tau kapan waktu itu terjadi tidak ada satu pun yang tahu!pesan orang bijak : janganlah kamu menunggu yang tidak kamu ketahui tapi kerjakanlah apa yang sudah ada di hadapanmu!

  19. ISI HATI mengatakan:

    kiamat sudah dekat

  20. assalamu’alaikum wr. wb. mohon bantuan untuk disebarluaskan metode mr ( makhmud rudiyanto ) : metode untuk menghentikan / menundukkan / mengatasi melubernya luapan lumpur lapindo, gunung berapi dan fenomena semacamnya. berlaku hukum rudi : kita harus mampu memperluas bidang tekan pada sumber tekanan secara bersama-sama dan serentak hingga tekanan beserta gaya menekan yang ada dapat diimbangi dengan luas bidang tekan yang telah kita buat. terima kasih. wassalamu’alaikum wr. wb.

  21. korban gempa mengatakan:

    DETIK-DETIK AWAL LAPINDO……………………………..

    YOGYAKARTA DIGUNCANG GEMPA 27 MEI 2008 !

  22. pkab mengatakan:

    Yth. Ibu Dina S. Bakrie,

    Kami mendoakan agar Bapak Ical bisa mengalami juga Pertobatan Zakheus dan tergerak hati nuraninya untuk membantu Korban Lapindo.

    Tolong sampaikan salam dan kalimat “Eling, Gusti ora sare!” kepada beliau.

    Terima kasih.

    salam,
    sur
    pemeta konsep

  23. inyo mengatakan:

    YTH. Ibu Dina S. Bakrie
    Mohon disampaikan ke Bapak Ical, konsep “KANAL – V (https://hotmudflow.wordpress.com/diskusi/mengalirkan-lumpur-secara-optimal/ ) karya Pak RIrawan direalisasikan utk “hadiah” saudara2 kita yg tinggal di bumi Porong.

  24. hari ini resmi 2 tahun perusahaan kami merayakan suatu perayaan besar, juga sekedar rencana pesta kecil2an, akan mendatangkan chef dari paris, 500 Kg ikan salem, 250 kg kaviar, dan sekedar minum2 anggur buatan tahun 1950. pesta akan dilakukan di wisma Bakrie II Jl. H.R. Rasuna Said Kav B-2, 16th – 17th floor, akhir pekan ini.
    selain merayakan “KEMENANGAN KECIL” kami di Porong,HARI INI dua tahun yang lalu, kami juga menyambut baik usaha Majalah Globe Asia menobatkan Pak Ical sebagai orang terkaya di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara. Pengumumannya dilakukan di Ritz Carlton SCBD, Jakarta, Senin 26/05/2008,

    pesta besok sabtu akan dihadiri Wapres ,Jussuf Kalla, Faddel muhammad, Fahmi idrris,
    dan petinggi2 golkar, selain undangan resmi kepada SBY yang telah dikirimkan, menunggu keputusan protokoler.
    akan hadir juga pemegang2 saham utama, dan undangan door prize kepada 3000 pemegang handpone ESIA, sebagai wujud terimakasih perusahaan kepada publik yang telah setia memakai jasa Esia-Bakrie Telecom.

    undangan doorprize dapat diperoleh dengan mengirimkan SMS yang berisi email ini kepada sesama pemegang HP ESIA lainnya sebanyak mungkin, selanjutnya server akan secara acak memilih 3000 peserta yang beruntung.

    pada acara tersebut akan disematkan penghargaan kepada tokoh2 yang telah mewujudkan keberhasilan perusahaan. disediakan juga hadiah doorprize ratusan HP ESIA -lengkap, ratusan cenderamata dari Bakrie TBK.

    konfirmasi kehadiran dapat dilakukan pada jam kerja, sampai hari jumat sore pukul 13.00

    Wisma Bakrie II
    Jl. H.R. Rasuna Said Kav B-2,
    16th – 17th floor
    Jakarta 12920 – Indonesia
    P.O.Box 660 JKTM
    Tel. +62 21 936 33 333, 99 999
    Fax. +62-21-520 0361

  25. MiKazukI_cHan mengatakan:

    kasian banget ya nasib orang-orang itu….

  26. andy mengatakan:

    jalan satu-satunya yang harus di tempuh untuk menghadapi lumpur lapindo, yakni seluruh komponen masyarakat indonesia mulai dari rakyat jelata sampai pada pemerintahnya, dan ulama-ulamanya agar memohon ampun kepada yang Maha Berkehendak, Allah SWT.
    Coba kita saksikan betapa banyak pakar-pakar yang memberikan analisanya tentang bagamana cara menghentikan lumpur lapindo dengan keyakinan dan kepastian, tetapi semuanya gagal, apakah mereka itu lupa, bahwa yang berkehendak adalah Allah SWT, manusia hanyalah pembuat usaha.
    Yang paling parah lagi, orang yang mengaku ulama memberi solusi yang menjerumuskan ummat kepada kesyirikan, dilemparkanlah sesajian ke lumpur lapindo.
    Melihat semua ini, tentulah Allah akan semakin murka.
    sadarlah dan tobatlah.

  27. wawansome mengatakan:

    uang.. kekuasaan.. TNI… Preman semua dikerahkan agar si bakrie selamat.
    bahkan gaya NGO pun dipakai untuk memecah belah setiap kelompok warga korban lapindo…
    entah apa si bakrie pernah membayangkan bagaimana orang yang hidup tenang tiba0-tiba harus tidur beralasa terpal di pasar n bingung mencari rmh baru..
    pantaskah dia jadi meteri yang mensejahterkan rakyatnya???

  28. Johanes.......... mengatakan:

    Salam Sejahtera…….

    Bapak2 sekalian,,,,,,,,,kenapa teknologi yang ditawarkan dari dosen UPN “Veteran” Yogyakarta Dr.Ir.Nur Suhascaryo.MT tidak diterima sebagai metode terbaru…..mengapa mempertahankan metode dari tim BPLS sekarang yang dikomandoi oleh pihak ITS?apa karena UPN kalah pamor atau ini hanya politik semata untuk mengulur – ulur waktu penanggulangan LUSI (Lumpur Sidoarjo)……………..

  29. ahmad mengatakan:

    smuga Allah berkenan dg do’a bung KOALA…sy sendiri walaupun blum kena dampak langsung teteup sj kena dampak tidak langsungnya…Percayalah pd Allah bung….Allah mboten sare koq…suatu saat hukum sebab akibat akan melanda mereka2 yg bertanggung jawab atas dampak dr semburan lumpur tsb…Yg sabar dan tabah yah,….Allah akan selalu bersama hambanya yg didzolimi…..TETEUP SEMANGAT !!!…

  30. Koala mengatakan:

    Sudah setahun lebih musibah lumpur lapindo, masyarakat udah hampir lupa tapi saya dan tetangga-tetangga saya tidak akan lupa sampai mati. Keharusan bagi pihak-pihak yang telah mendatangkan lumpur ini ke rumah saya dan tetangga-tetangga saya untuk tetap berkomitmen menyelesaikan dengan cara yang jantan dan tidak mencla-mencle. Apa yang udah ditetapkan mohon dan HARUS ditepati. Karena hanya itu cara anda untuk bisa sedikit (mungkin) mengurangi beban dosa anda pada orang banyak. Dan bagi yang tidak secara langsung mengalami musibah ini, anda juga jangan tidak peduli karena dampak lumpur ini tidak akan pernah bisa kita ketahui pasti. Karena tempat yang menurut kita aman, bisa jadi tempat yang paling tidak aman. So, mari kita semua selalu berdoa pada TUHAN untuk memberikan perlindunganNya. AMIN

  31. PW mengatakan:

    Jangan kita2 ini dibodohkan seolah olah ini masalah negara. INI ADALAH MASALAH YANG DIBUAT OLEH PT LAPINDO, BAKRIE CS TERMASUK JK. Tuntutlah mereka yang berusaha memperkaya diri dan telah gagal kemudian mengorbankan rakyat dan pemerintah.

  32. Arema mengatakan:

    Kalau tidak salah peraturan pengeboran minyak bumi harus minimal berjarak 100 Km dari daerah pemukiman. Itu artinya RAKYAT tidak ada artinya di negara kita. Oke tapi udah ngak diharagai dicuekin lagi hingga sekarang kayaknya ranting musibah LUMPUR LAPINDO masih terus berkembang karena yang terakhir sungai Porong udah terpenuhi. Mana TANGGUNG JAWAB NEGARA TERHADAP RAKYAT ?

  33. akhmad kusairi mengatakan:

    saya sangat sepakat yang selalu mendoakan para korban lumpur lapindo untuk senantiasa mendapat perlindungan dari ALLAH SWT.saya juga mohon doa restunya agar apa yang telah dibebankan dan dipertanggung jawabkan kepada saya dapat dilakukan dan dijalankan dengan penuh Ridho Illahi.arik staf humas BPLS

  34. arief_protonic mengatakan:

    demi fajar
    dan malam 10
    bentar lagi hari raya..bro

  35. nini tambi mengatakan:

    berani taruhan deh (wah, kaya gambler aja)… Pemerintah tak bakal tuntas menanggulangi bencana lumpur demikian, menempatkan rakyat jadi korban adalah keahlian para petinggi, yang sejatinya berwatak NISTA, yakni JADI BUDAK KEPENTINGAN MODAL.

  36. Novanda mengatakan:

    Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesabaran kepada para korban lumpur Lapindo.

  37. nhoey mengatakan:

    trus bagaimana penanganan kasus lumpur lapindo sepertinya sekarang sudah tidak ada kabar lagi tentang penanganan kasus tersebut.

  38. kezia lucky agustina mengatakan:

    saya ada di neg eropa. saya selalu mengikuti perkembangan semua berita di indonesia melelui internet.saya sangat prihatiun dg semua bencana yg terjadi di indonesia.bnyklah berdoa n bertobat segera,agar sewmua musibah cepat berakhir.

  39. KhamShe mengatakan:

    buseet dah…klau ada musibah….baru pada religius ya…
    ayo..banyak2 istifar……..ampuni kami ya Allah……

  40. prawira mengatakan:

    Bersegeralah menyungkurkan diri di hadapan Allah…..lakukan taubatan nasuhah…smg musibah lapindo membuat kita smua pandai mensyukuri nikmat dr Allah yg selama ini kita ‘lupakan’…..

  41. AFREINT mengatakan:

    ” ALLAH TIDAK AKAN MEMBERI COBAAN DI LUAR KEMAMPUAN UMAT”
    RENUNGKAN DA KOREKSI DIRI..

  42. AFREINT mengatakan:

    BERDO’A DAN BERSABARLAH..ALLAH TIDAK MUNGKIN MEMBERI COBAAN DI DI ATAS KEMAMPUAN UMAT NYA,

  43. Muhammed mengatakan:

    Apakah di negara kita rakyat ngak punya WAKIL kok sampai satu tahunpun LAPINDO masih biasanya aja apakah WAKIL RAKYAT pada sibuk ngumpulin modal persiapan untuk nanti kalau harus lengser dari jabatan.

  44. jaggis mengatakan:

    saatnya bekarja bukan berjanji dan berencana.
    ini kewajiban kita bersama khusunya putra-putri jatim. tunjukkan kalau kita sanggup menghadapi ini.

  45. eling mengatakan:

    inilah pangkal musibahnya. diganjat otak bagus, ditawari jadi penguasa semua mahluk dan cuma disuruh pinter2 miara bumi dan kerja baik2. eh, maunya males, merengek2, minta2, ngemis2, bikin repot yang nyiptain. inikah namanya taqwa? kalo aku jadi allah, yang beginian tak joroke biar ngglundung ketimpa musibah terus. orang jepun atawa jerman yang kudu mau pake otak, ga suka merengek dan ngrepotin allah, ga pake ayat, ya itulah yang sadar ama kodratnya, maka dia mampu ngatasin musibah, diangkat martabatnya, hidup makmur dan bahagia. na udah paham ga ama maunya allah! mikir….mikir, yapi pake otaklah.

  46. ompapang mengatakan:

    Kalau aku jadi orang Sidoarjo, aku akan bilang sama Allah , …ah kuno …itu hanya wacana !

  47. Rom bin aji duloh mengatakan:

    Ya udah’lah kita ga’ usah pusing mikirin semburan lumpur, dan juga kita ga’usah nyalahin lapindo melulu kasi’an….
    Ini musibah special dari ALLAH, khusus didatangkan buat bangsa kita ( khusus’nya warga sidoarjo ).
    ya buat pelajaran aja, biar kita orang endonesia nih, pada berbenah diri dan ga’ ngelupain TUHAN. ya inti’nya sih, kita cuma disuruh mengajak diri sendiri maupun orang lain disekitar kita nih, untuk balik lagi jadi orang bener ( berTAQWA pada ALLAH Ta’ala ). itu aja sih.
    Mao ditutup pake cara apa juga, kalo kita ga tau maksudnya ALLAH ngasih musibah itu, percuma ga bakalan bisa, sumpah biar mampus dah engkong gw…..!!!
    ha…ha…ha…
    Udah cuekin aja….!!! asal kita mao ngajak orang biar kembali kejalan yg bener juga, entar ALLAH sendiri koq yg bakal nyumpel itu lumpur…. percaya deh omongannya kong aji mursali….he…he…he….
    inget2 dah coba sama ujung ayat ” Dzoharoll pasadu pill barri wall bahri “, disitu ada maksud kenapa “DIA” ngasih kita musibah….

  48. siro mengatakan:

    bersyukurlah dalam segala hal baik kita sengsara dilanda bencana maupun dulu hidup kita lebih tentram sebelum bencana ini terjadi.. janganlah kita salahkan pencipta alam, marilah kita refleksi diri kita banyak keteledoran yang sering kita lakukan hingga berakibat fatal. Dan janganlah kita bertengkar dengan kejadian ini. tetapi marilah kita bersatu bersama untuk kebaikan kota kita porong tercinta.. satu hal yang perlu kita ingat bahwa yang kuasa itu selalu memberikan pencobaan yang tidak akan melebihi kekuatan kita manusia yang penuh dengan kelemahan. jika manusia yang salah janganlah kita menudu tetapi biarlah sang pencipta yang mengetahui segalanya ini.

  49. pUpUt mengatakan:

    duuuuuuhhhh……
    mg” aja lumpur lapindo g smp rmh akuh aja dc….hehehe.
    yaaah…..akuh ikut prihatin aj dc…
    n jgn bersdih yw yg kna lapindo…mg” aj TUHAN mw memberikn keaJaiBan bwT qt smuwa..amien…..

  50. Anto mengatakan:

    Selamat atas 1th Lapindo… Seberapa besar kepedihan warga selama 1 th itu? Seberapa peka hati nurani Mister-Mister Lapindo Brantas? Hidup mereka hampa, musna dan hilang dirundung ketidak-pastian. Terima kasih wahai wakil-wakil yang mau memperjuangkan hak dan martabat mereka. Saudara-saudariku Korban Lapindo, aku dipihakmu. Semoga Tuhan membuat dunia ini menjadi lebih baik—plus manusia-manusianya. Amin. Tuhan memberkati

  51. wongzragen mengatakan:

    Semua musibah tentu ada hikmah, semua kejadian tentu ada penyebabnya (causa prima). Yang harus lapindo lakukan adalah MENGGANTI KERUGIAN KEPADA PIHAK YG DIRUGIKAN (MASY,INSTANSI,PERUSAHAAN/PABRIK,DLL), MELAKUKAN UPAYA PENANGANAN SEMAKSIMAL MUNGKIN, MENCARI AKAR PENYEBAB KEJADIAN DAN MEMBERI SANGSI HUKUM KEPADA YANG BERSANGKUTAN.
    Ya ALLAH kuatkan kami untuk menghadapi cobaan-MU,mudah-mudahan kami tergolong umatmu yang sabar,amin.

  52. Nirvana mengatakan:

    kepada Pt lapindo brantas, anda telah mengambil rumah sayaaa, wahai enkau lapindo!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    anda telah menyebabkab keresahan sangat mendalam bagi warga sidoarjo. jika anda tidak bisa ngebor jangan ngebor sembarangan, sana ngebor aja sama inul!!!!!!!!!!, jangan ngebor tanah!!!!

  53. Nirvana mengatakan:

    kepada Pt lapindo brantas, anda telah mengambil rumah sayaaa, wahai enkau lapindo!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    kembalikan sidoarjoku!!!!!!!!!!!!!!!!!
    kembalikan rumahku!!!!!!!!!!!!!!
    anda telah menyebabkab keresahan sangat mendalam bagi warga sidoarjo. jika anda tidak bisa ngebor jangan ngebor sembarangan, sana ngebor aja sama inul!!!!!!!!!!, jangan ngebor tanah!!!!

  54. Jonet Danarto, Sragen mengatakan:

    Kalo udah begini, kita tetap harus mencari solusinya dan bukannya nyalahkan satu sama lain. Kita kan diberi otak ama Tuhan gunakan itu. Thomas Alfa E saja harus melakukan percobaan lebih dari 1000 kali untuk menemukan bolam listrik, ayo kita harus bisa. tentu saja dibarengi doa. ok.

  55. yohanes solo mengatakan:

    mariii,,,kita semua merenung,!!!seandaiya itu semua terjadi pada kita.makanya mari kt bantu apa saja yg kt bs bantu,!jangan saling menyalahkan.

  56. Hasti mengatakan:

    Percayalah musibah yang terjadi ini adalah sudah menjadi kehendakNYa, walaupun berawal dari human error. Mengapa dan mengapa bisa sampai terjadi ……..

  57. papatita mengatakan:

    Ini ada foto2 dilingkungan sekitar porong setelah (hampir) setahun berlalu:

    http://lensa.net/forum/viewthread.php?tid=192

    Salam.

  58. Haris mengatakan:

    Yang pasti salah manusianya, tapi sampai sekarang siapa namanya? mengapa tidak ada yang tunjuk hidungnya ?

  59. purple imoeth mengatakan:

    assalammualaikum Wr.Wb
    kepada pihak PT Lapindo brantas saya ingin mengajukan protes.
    kenapa anda lebih memilih bantuan dukun dari pada bantuan dari allah. padahal yang memberi musibah tersebut adalah allah. jadi anda sebaiknya meminta bantuan kepada allah.apa anda tidak percaya allah?dan lebih percaya dukun.sama saja anda telah syirik.anda pantas menjadi ……..
    “PENGHUNI NERAKA JAHANAM”
    dan apakah anda juga meminta tumbal dengan bantuan pocong andong.
    astagfirulah.. jangan sampai perbuatan anda merugikan orang banyak wahai penghuni neraka. saya harap anda menghentikanm perbuatan syirik anda dari pada berdosa. maukah anda mendapat dosa?
    jika anda tidak menghentikan kesyirikan anda dosa terus meliputi diri anda.
    dasar MAFIA NERAKA
    saya harap anda bisa membalasnya.
    nb:jangan sok ngebor kalo gabisa

  60. mhsw mengatakan:

    kembalikan KOTA ku!!!! kembalikan SDA ku!!!

    ini mash blum apa2 wahai mafia ekonomi,, apa kalian msh ingin bermain api lebih besar lagi???????

    tanggungjawabmu mana??? t’nyata indonesia butuh insinyur yang bner2 mahir dlm pengeboran biar ga tjd overshot,,key!!

  61. Nita Zulfah mengatakan:

    wah-wah… nak jadi apa East Java kita tercinta? kira-kira, pulau lain sanggup menampung penduduk jatim gak yah kalo Allah bener2 hendak buat tenggelam sebagian pulau itu?
    Ana liat ndiri loh, semasa pergi Malang, keteta Apinya masih boleh jalan, but dia punya tanggul ada di atas kereta api tingginya.. seram…. andai masa itu Allah jebol tanggulnya, Ana tak boleh tulislah ni comment. Kita galakkan Istighotsah yukk….
    BTW, ni bukan msalah serkah tak serkah lah, ni DTG DR ALLAH yg hendak menunjukkan bahwa qta hanya pasir kecil bagiNya. so, keep struggling n pray 4 that, Allah tak buta tak tidur, tak tuli. Allah tahu kita sadar akan silap kita, just wait. Allah loves us.. Don’t blame each other..

  62. Tiur mengatakan:

    Foto di atas cuma gambaran aktivitas petugas di sekitar kawasan lumpur aja …….. bukan amukan lumpur lapindo. So, the real mud volcanonya maannaa ???

  63. Iis novita sari mengatakan:

    FOTONYA KURANG BESAR!!

  64. Buddy mengatakan:

    terlalu banyak orang serkah jaman sekarang. mau melakuakn apa saja demi duit meskipun menyusahkan orang lain.
    Lobha=keserakahan

  65. ysetiawa mengatakan:

    Setuju. Penggede2 yang tujuan utama duit duit duit, tanpa bener2 diteliti dulu sebelon maen bor aja. Aku denger malah bukan cuman di Jatim, katanya di Kalimantan juga ada hot mud flow, apa bener?

  66. John Kasindo mengatakan:

    Semua ini disebabkan karena ketololan dan kebodohan penggede penggede diatas yang taunya cuma korup dan makan duit dan tidak perduli resiko yang harus ditanggung penduduk dan rakyat yang hidup dibawah.

  67. kusni kasdut mengatakan:

    Pencarian minyak di lapindo, kayaknya tidak menggunakan teknologi. Di USA, pada masa dulu mereka guna kayu, yang bersimpang tiga. Dua tangan memegang dua simpang, dan satu mengarah ke tanah. Orang yang memegang kayu tersebut akan berjalan kedepan (Menggunakan sihir kali) , akan terus berjalan, sehingga berhenti sendiri. Jika berhenti, ahhhh di situ lah ada minyaknya. Lalu di gali di situ. Begitulah ceritanya. Wallahualam.

  68. fang mengatakan:

    Itu semuanya tak masuk akalku…

  69. johanes sabdono mengatakan:

    bisa punya foto satelit tentang kondisi perum tas 1 yang tenggelam?

  70. Tauffik mengatakan:

    Ingin tau lebih jelas.

    dalam waktu pengeboran dan perusahan lapindo apakah yakin waktu itu betul betul gas yang dia tuju atau perkiraan aja. dan sebetulnya kita harus pikirkan du kali

    allah mengasih pelajaran buat kita. untungnya lumpur di ketahui karena adanya pengeboran dan masih ada harapan untuk di selesikan. tapi kalau terjadinya dari bencana seketika seperti terjadi di salah satu desa di india dalam satu malam satu desa hilang dan tingal kelihatan tanah aja. APAKAH pemerintah KITA PUNYA PESIAPAN DANA

  71. spurwing plover mengatakan:

    Boil Goats squawk squawk

  72. tirsa mengatakan:

    tolong jelaskan bagaimana awal terjadinya bocoran lumpu di lapindo??
    apakah jebolnya pipa pengeboran lapindo ada hubungannya daenga penambangan minyak bumi??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: