Hari Ini Tugas Timnas Berakhir

Media Center Kamis, 08 Maret 2007 09:10

Sidoarjo—Meski masa kerja Timnas berakhir hari ini yaitu 8 Maret 2007, namun hingga kini belum jelas bagaimana kelanjutan penanganan semburan lumpur Sidoarjo.  Pemerintah belum memutuskan untuk mengganti Timnas dengan badan baru atau memperpanjang masa kerjanya

Sebagaimana diketahui, sesuai Keppres No. 13 tahun 2006, masa kerja Tim Nasional Penanggulangan Semburan Lumpur di Sidoarjo (PSLS) berjangka enam bulan yaitu dari 8 September 2006 hingga 8 Maret 2007.

Timnas PSLS mempunyai enam bidang tugas yag harus diemban diantaranya pembuatan tanggul permanen di semburan, relokasi infrastruktur, penanganan teknis penutupan semburan, pembuangan lumpur melalui saluran pelimpah dan juga menangani masalah sosial.

Menurut juru bicara Timnas PSLS, Rudy Novrianto, pihaknya sudah berhasil merealisasikan beberapa tugas yang diembannya. “Saluran pelimpah untuk membuang lumpur dan juga pemberian gantirugi yang sudah terealisasi,” katanya Kamis (8/3). Sedangkan untuk tugas yang lain, tambah Rudi, semuanya sudah ada perencanaan dan tinggal merealisasikannya.

“Empat desa sudah mendapatkan ganti rugi. Sedangkan Perum TAS masih menolak jika diberikan gantirugi dalam bentuk Relokasi.  Sedangkan untuk relokasi infrastruktur akan segera direalisasikan,” ujar Rudi.

Setelah masa tugas Timnas PSLS berakhir, Rudy berharap, segera ada penggantinya. “Semburan lumpur jangan sampai dibiarkan satu jam saja, karena sangat berbahaya,” pinta Rudy sambil menunjuk semburan.

Timnas, sarannya, sebaiknya diganti oleh badan seperti yang menangani gempa yogja yaitu BRR (badan relokasi dan rehabilitasi) dan bukan ad hoc seperti terbentuknya Timnas PSLS saat ini.

“Tetapi semuanya tergantung oleh pemerintahan pusat sebagai penentu kebijakan dalam penanganan semburan lumpur Sidoarjo.”

Rudy juga berharap, badan baru tersebut dapat menjalankan tugas dengan lebih baik. “Semoga badan baru tersebut mampu mengemban tugas ini dengan baik dan maksimal.” (*)

1 Responses to Hari Ini Tugas Timnas Berakhir

  1. hati nurani berkata:

    saya akan membentuk badan baru, dan saya telah membubarkan timnas dan lapindo telah membuat dampak ekonomi kerugian senilai 30 triliun rupiah.
    tunjukan yang telah dilaksanakan.

Tinggalkan komentar